Inilah 4 Kesalahan Fatal Perawatan Motor Injeksi yang Harus Dihindari

Perawatan motor injeksi memang sedikit berbeda dibandingkan dengan motor biasa. Sistem pembakaran berbasis injeksi ini dikeluarkan untuk mengoptimalkan pemakaian BBM pada mesin kendaraan tersebut. Sehingga nantinya jauh lebih irit, banyak diantara masyarakat yang sudah paham akan hal tersebut, sehingga lebih prefer untuk menggunakan motor fuel injection sebagai sarana transportasi mereka sehari-hari, meskipun dari segi harganya sendiri juga agak mahal.

Hanya saja ternyata banyak diantara pemiliknya yang salah di dalam melakukan perawatan motor injeksi mereka sehingga mudah sekali bermasalah berikut ini diantara kesalahan perawatannya yang harusnya Anda hindari, yaitu:

  1. Membiarkan motor disimpan di rumah tanpa digunakan untuk berkendara dalam jangka waktu lama. Hal ini pastinya akan mengganggu kinerja dari mesin kendaraan tersebut, karena tidak pernah digunakan. Sebaiknya meskipun tidak dipakai, maka jangan dibiarkan begitu saja, upayakan melakukan pemanasan secara rutin setiap hari, sehingga meski tetap bekerja sebagaimana mestinya.
  2. Asal pakai bahan bakar, banyak orang yang mempertimbangkan harga murahnya dibandingkan dengan kualitas dari bahan bakar tersebut, padahal kualitas dari bahan bakar yang dipakai ini juga akan sangat mempengaruhi kinerja dari kendaraan tersebut.
  3. Jarang membawa motor tersebut ke bengkel untuk di service, mungkin beberapa orang sudah bisa melakukan langkah service sendiri seperti mengganti aki ataupun olinya. Namun juga tidak bisa dipungkiri jika seandainya ada beberapa kegiatan service yang hanya bisa dilakukan di bengkel resmi, karena orang biasa tidak akan memiliki sarana atau alat pendukung.
  4. Jarang mencuci motor, apalagi setelah dipakai menerjang cuaca hujan, padahal meskipun kelihatannya bersih, namun air hujan ini mengandung senyawa asam yang dapat meningkatkan resiko terjadinya korosi pada kendaraan. Untuk itu harus dicuci dengan menggunakan air biasa. Agar tetap kinclong dan juga terlihat seperti baru.

Itulah setidaknya beberapa kesalahan fatal dalam perawatan motor injeksi yang hendaknya Anda hindari, sehingga tampilan motor akan tetap seperti baru, begitu juga dengan kualitas tarikan atau mesinnya sendiri akan tetap nyaman dipakai berkendara.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *