Berminat Memboyong Yamaha MT 25? Simak Kelebihan dan Kekurangan Berikut

Yamaha MT 25 adalah rajanya naked sport di kelas 250 cc. Menurut data dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), penjualan domestik pada 2017 dalam periode Januari-Juni, mencapai 626. Meninggalkan pesaingnya, Kawasaki Z250 yang mampu mencapai 261 unit.

Sebagai produsen cerdas, untuk menentukan pembelian harus mempertimbangkan banyak hal, salah satunya kelebihan dan kekurangan. Meski Yamaha MT 25 laris manis di pasaran, tidak ada salahnya bukan mengetahui kedua hal tersebut? Berikut ulasannya.

Kelebihan Yamaha MT 25

  1. Mesin Bertenaga

Dibanding rivalnya, Yamaha MT 250 memiliki mesin yang bertenaga. Pasalnya, kolaborasi antara sistem DOHC dan tabung dua silinder mampu mencapai torsi puncak. Belum lagi gigi percepatan, transmisi enam manual, bro. Sebagai pelengkap, disematkan air shroud untuk pendingin tambahan serta hemat bahan bakar.

  1. Desain Kekar

Yamaha MT 250 mengadopsi desain yang sama seperti seri MT lain. Bagian depan dan belakang saling berkesinambungan dengan lekukan-lekukan tegas, dikombinasikan dengan ban tubeless tapak lebar. Apalagi, pilihan warnanya pada kece, yaitu: solid blue, heroic silver, dan black strike. Tidak hanya unggul dari segi tampilan nih, tapi sangat menunjang kenyamanan pengendara dengan posisi stang.

  1. Harga Terjangkau

Meski menjadi rajanya naked sport di kelas 250 cc, Yamaha MT 25 tetap bisa dijangkau oleh banyak konsumen. Dengan OTR Jakarta, motor ini dibanderol sebesar 47,1 juta. Jika dibandingkan dengan rival terberatnya, Kawasaki Z250, yang diboyong seharga 53,9, jelas saja lebih ramah kantong.

Kekurangan Yamaha MT 25

  1. Dua Kali Recall

Yamaha MT 250 mengalami recall pertama pada 24 Juni 2016, setahun setelah kemunculannya. Saat itu, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing harus membawa motor ini ke bengkel lantaran komponen front brake house yang berhubungan dengan rem tidak berfungsi dengan baik.

Setahun kemudian, tepatnya pada Februari, hal serupa kembali terjadi. Namun, komponen kali ini yang bermasalah adalah main switch bawah, sehingga dapat mengakibatkan mesin motor mati mendadak.

  1. Minim Fitur

Penerangan Yamaha MT 250 belum terlalu unggul, karena hanya memakai lampu daytime running light LED. Untuk panel instrumen sih cukup informatif, tapi sayang belum sepenuhnya digital. Hal itu sangat berpengaruh pada tampilan yang kurang modern. Sementara sektor pengereman, motor ini tidak menyematkan sistem ABS. Padahal, sangat diperlukan agar roda tidak terkunci saat melakukan penghentian mendadak.

Untuk kekurangan minor, posisi duduk belakang kurang enak dan suhu mesin terasa panas di area lutut.

Meski kelebihan dan kekurangan berimbang, Yamaha MT 25 tampaknya tetap menjadi raja di naked sport kelas 250 cc. Pasalnya, selain MT 25 harga cukup terjangkau, performa mesin yang menjadi andalan sebuah motor sangatlah mumpuni.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *